Selasa, 16 Mei 2017

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

MANFAAT BAWANG PUTIH
=======================>

Bawang putih tunggal sering disebut dengan bawang putih lanang. Yang membedakan bawang putihini dengan bawang putih biasa, yaitu bawang tunggal hanya memiliki satu siung saja di setiap bonggolnya. Sebagian masyarakat percaya jika bawang tunggal memiliki khasiat yang lebih dibandingkan dengan bawang putih tunggal. Jika biasanya bawang putih digunakan untuk bumbu masakan, tetapi tidak untuk bawang tunggal.

Manfaat bawang putih banyak yang kita dapat rasakan untuk kehidupan sehari-hari. Bawang putih termasuk keluarga umbi-umbian. Bawang putih kerap kita kenal sebagai bumbu masakan dan sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Yang membuat herbal ini populer adalah kemampuannya dalam mencegah kanker.
ads

manfaat bawang putih sangat banyak dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh di antara khasiat serta manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan yaitu kandungan yang terkandung dalam bawang putih memiliki manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu mampi menjaga stamina daya tahan tubuh dan mampu meningkatkan eeksi stamina daya tahan gedor pada organ vitalitas secara almai ,Tapi sayang, terkadang aroma nya yang menyengat membuat tanaman tidak banyak dikonsumsi langsung, melainkan hanya sebagai bumbu, sehingga hanya dalam jumlah sedikit bawang putih kita konsumsi.

Hampir semua bahan-bahan alami mempunyai khasiat masing-masing dalam tubuh. Begitu juga dengan bawang putih, namun sebelum beralih ke manfaatnya, ada baiknya kita mengetahui kandungan nutrisi menarik dalam bawang putih.

Salah satu bahan yang wajib tersedia di dapur di Indonesia adalah bawang putih. Pasalnya, bawang putih sangat dibutuhkan untuk memasak hampir setiap jenis masakan. Rasanya yang kuat tentu akan ampuh menambah cita rasa hidangan yang disajikan. Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Namun, cara makan bawang putih untuk kesehatan ini mungkin tidak biasa bagi Anda. Anda dianjurkan untuk makan bawang putih mentah, tanpa dimasak atau diolah terlebih dahulu. Setelah mendengar segudang khasiatnya berikut ini, Anda tak akan ragu lagi untuk segera mengonsumsi bawang putih mentah.

1. Manfaat Bawang Putih Memiliki Senyawa Allicin, Digunakan Untuk Obat

Bawang putih merupakan tanaman yang telah digunakan sejak jaman mesir kuno, kandungan allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. Apa fungsi dari allicin ini ? ia merupakan zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih.

Berbagai riset telah dilakukan terhadap zat ini dan menemukan bahwa ia memiliki efek penting untuk beberapa isu kesehatan di bawah ini :

    Menurunkan berat badan
    Mengencerkan darah
    Mencegah hipertensi
    Zat anti kanker
    Antioksidan
    Dan anti anti mikroba/bakteri.



Zat ini lah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin, yang diyakini sangat besar peranannya dan membawa manfaat kesehatan yang tiada duanya.

2. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih tunggal mengandung allicin yang bisa menekan jumlah kolesterol dalam tubuh. kolesterol yang diturunkan bisa mencapai 12 % setelah mengonsumsi bawang tunggal selama 4 minggu.

3. Mencegah Kanker

Penyakit mematikan seperti kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi bawang putih tunggal, terutama kanker usus besar dan kanker perut. Organosulfida yang terkandung di dalamnya bisa membantu kinerja hati untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, termasuk racun yang menyebabkan kanker usus besar dan kanker perut. Penelitian menunjukkan jika seseorang yang mengonsumsi bawang putih tunggal lebih banyak, maka mereka akan terhindar dari serangan penyakit kanker usus besar dan kanker perut.

4. Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

nutrisi bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.

Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih:

    Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
    Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
    Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
    Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
    Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori.

Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Senyawa yang terkandung di dalam bawang putih tunggal mampu mencegah kerusakan sel neuron pada otak. Selain itu, ekstrak bawang tunggal juga bisa merangsang pertumbuhan sel neuron pada yang baru. Hal ini bisa membuat daya ingat semakin meningkat. Bagi mereka yang sudah memasuki usia 50 ke atas dianjurkan untuk mengonsumsi bawang tunggal agar terhindar dari risiko kepikunan.

6. Menjaga stamina

Konsumsi bawang putih tunggal secara teratur bisa meningkatkan stamina seseorang. Jika stamina meningkat maka tubuh akan terhindar dari serangan penyakit. Hal ini dikarenakan bawang tunggal memiliki kandungan senyawa yang bisa menangkal virus dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Bawang putih tunggal memiliki kandungan sulfur yang bisa mengaktifkan produksi endothelium. Jadi tekanan darah tinggi bisa diatasi dan dicegah.

8. Bawang Putih Efektif Untuk Kecantikan Kulit

Tidak hanya kesehatan yang ditopang oleh bawang putih, seperti halnya manfaat mentimun, bawang putih juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.

    Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
    Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
    Obat jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

9. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer
sponsored links

Koq bisa bawang putih sampai pada mencegah penyakit syaraf seperti demensia dan alzheimer ini ? Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Suplemen bawang putih telah terbukti untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah yang terkait dengan sistem pencernaan, seperti wasir, sembelit, dan disentri bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang putih tunggal

Riset terkini mengenai bawang putih telah menunjukkan bahwa ia sangat ampuh dalam memboost metabolisme zat besi. Zat besi disimpan dalam sel yang terdapat pada tubuh kita, aktivitas selanjutnya adalah pemindahan keluar dari sel dan kembali dalam sirkulasi tubuh yang tentu membutuhkan protein yang dinamakan ferroportin. Ferroportin adalah protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel. Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.
Siapa sangka mengonsumsi bawang putih mentah bisa mengatasi masalah rambut rontok yang sudah sangat mengganggu? Alopecia atau kebotakan disebabkan oleh penyakit autoimun dan bawang putih mentah bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

Berbagai khasiat makan bawang putih mentah yang sudah disebutkan di atas tentu sayang jika dilewatkan. Namun, mengonsumsi bawang mentah bisa menyebabkan mulut beraroma tak sedap. Untuk menghindari mulut bau bawang karena makan bawang putih mentah, coba dulu tips-tips ini.

    Cuci bersih siung bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir
    Konsumsi bawang putih mentah bersama daun seledri atau kemangi agar aroma      bawangnya tidak terlalu tajam
    Minum segelas susu rendah lemak atau makan yogurt tanpa rasa setelah      mengonsumsi bawang mentah
    Sikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut sampai bersih seusai      makan bawang putih mentah



Ada beberapa cara penyajian bawang putih yang mungkin dapat anda jadikan alternatif untuk dinikmati atau bagi kesehatan anda.

    Di tumis, masakan apa saja pasti membutuhkan bawang putih, jika anda ingin      mendapatkan efek manfaatnya setidaknya anda dapat menambah beberapa butir      lagi.
    Di campur dengan kecap, iris atau haluskan dan campurkan dengan kecap cukup      menarik untuk di konsumsi.
    Di buat sambal
    Di buat cuka/kuah kerupuk/empek-empek
    Dimakan langsung, jika anda bisa, dimakan langsung akan memberikan efek yang      bagus.

Demikian tadi manfaat dan khasiat bawang putih tunggal yang sangat baik bagi tubuh. Gunakanlah dengan bijak untuk mendapatkan hasil yang optimal

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI